Tuesday, December 4, 2012

Keangkuhan dan Keegoisan Kalian

Posted by with No comments

Aku merasa paling hebat
Ketika mendapat ilmu
Dari seorang ulama besar
Aku bangga timbul sifat sombong angkuhku

Alangkah bodahnya aku jika tak kumanfaatkan
Tuk popularitasku, hitung-hitung bisa jadi anggota DPR
Guruku tak pernah melatihku untuk takut dengan Allah
Dia hanya bilang kalau kamu salah bertobatlah
Guruku tak pernah melatihku
Apa itu sebenarnya perbuatan baik
Yang diajarkan hanya hukum saja
Tapi bimbingan secara spritual tidak

Jika kelak aku korupsi atau melacurkan
diri pada jabatan aku tak salah
Beribu-ribu ulama terlibat di sana
Tak satu pun ikhlas memikirkan umat
Di tepi jalan kulihat wanita penjaja cinta
Tapi tak satu pun ulama yang lewat menginsafkan
mereka dan memberi kekuatan hati untuk berubah

Dalam renunganku, siapa yang aku jahati?
Aku atau Allah? Aku sangat malu
Yang diajarkan tak bisa akal perbuatanku cerna, karena sang guru terlalu sibuk akan kepentingan pribadi tapi lupa tujuan dasar kenapa aku harus dilatihnya
Karena tiada satu pun contoh terpuji
Seperti yang kubaca pada sejarah
Perilaku para sahabat nabi, atau pun
perilaku terpuji dan bijak
Dari seorang lukmanulhakim
Yang banyak dijadikan contoh
Dalam perbuatan landasan iman
Dalam perilaku yang nyata

0 comments:

Post a Comment